Tiga Aksi untuk Indonesiaku


Assalamualaikum sahabat, kali ini saya akan menulis sedikit tentang aksi yang ingin saya lakukan untuk Indonesia tercinta. Tentunya sudah menjadi harapan saya dari dulu memberikan sesuatu walau itu sedikit atau kecil untuk  Negara ini. Entah itu berdampak besar atau kecil. Ada beberapa aksi yang saya ingin lakukan  salah satunya ada di bawah ini. Berikut ini aksi-aksi yang ingin saya lakukan untuk Indonesiaku.

          1. Aksi Anti Perang Sosial Sesama Warga Negara

Aksi saya yang pertama untuk Indonesia adalah menggelar aksi Anti Perang  Sosial Sesama Warga Negara. Saya prihatin dengan kasus perang  sosial yang terjadi di Negara kita akhir-akhir ini. Banyaknya perang antar suku, banyak sekali perselisihan antar kelompak membuat efek negative yang mengorbankan orang-orang yang tidak seharusnya ikut terlibat didalamnya. Kesadaran masyarakat tentang kerukunan dan saling menghormati saya lihat kian kritis. Ego masing-masing serta merasa paling benar terkadang membuat perselisihan yang ada tidak kunjung selesai malah semakin berlarut-larut dan dijadikan dendam.


Kemerdekaan yang sudah kita dapat di tahun 1945 tidak seharusnya  saat ini diwarnai aksi saling ribut sendiri. Sulitnya membuat semua warga Negara ini bersikap akur, rukun dan damai dengan kesadaran penuh. Terlebih para generasi penerus bangsa yang sering terlibat  tawuran, sangat memprihatinkan sekali. Maka dari itu saya ingin menggelar aksi anti perang sosial yang didalmnya terdapat sebuah komunitas atau perkumpulan yang peduli dengan kasus sosial di Indonesia. Diharap aksi ini bisa mengakurkan kembali suku-suku yang berseteru, kelompok-kelompok yang terlibat debat salah paham. Agar terciptanya Negara yang aman, damai dan tentram serta sejahtera.

2.  Aksi  Bakti Sosial untuk SDN 2 Temuireng

Aksi saya yang kedua ingin saya berikan untuk SDN 2 Temuireng. Mengapa  aksi ini saya rasa perlu lakukan? Lalu apa manfaatnya untuk Indonesia? Sahabat, bagi saya pendidikan adalah tombak utama suatu bangsa. Apa jadinya jika Negara kita ini tidak memiliki warga Negara yang berpendidikan, generasi muda yang tumpul pengetahuan? Mau di bawa kemana Indonesia kita? Berbicara tentang pentingnya pendidikan suatu bangsa, saya merasa miris dengan keadaan di SDN 2 Temuireng. Lihatlah bagunan sekolah tersebut di bawah ini.

Sekolah satu-satunya yang berada di desa Alasmalang Kecamatan Jati Kabupaten Blora Jawa Tengah ini saya rasa perlu di perhatikan serius. Keterbatasan sarana dan prasana yang mereka miliki dari tahun ke tahun tidak ada peningkatan. Untunglah di tahun 2012 ini ada dermawan dari Jakarta yang memberikan bantuan operasional guna sedikit memenuhi sarana prasarana sekolah. Walau belum bisa memenuhi semua keterbatasan yang ada.

Aksi bakti sosial yang ingin saya lakukan tentunya menggalang dana untuk membantu siswa siswi di SDN 2 Temuireng. Dana bukan hanya berbentuk uang, namun juga keperluan sekolah seperti buku, alat tulis, seragam, atau juga bisa bantuan berupa material bangunan untuk membangun SD  tersebut, agar lantai sekolah tidak tanah lagi dan dinding mereka tidak keropos karena berbahan kayu. Bangunan yang berdiri di atas lahan perhutani itu, mereka sewa pertahun. Miris sekali, bangunan yang di tutupi oleh dinding kayu jati itu berdiri di atas tanah bukan tanah milik sekolah sendiri. Ingin sekali rasanya membelikan tanah untuk SD tersebut. Agar siswa-siswi dapat belajar dengan tenang tanpa ada rasa kawatir jika sewaktu-waktu akan di gusur oleh pemilik tanah.

Lalu apa manfaatnya aksi bakti sosial ini bagi Indonesia? Jika Negara kita memiliki generasi muda yang cerdas, yang berprestasi tentunya Negara juga akan merasa bangga bukan? Lalu, bagaimana generasi bangsa di SDN 2 Temuireng dapat berprestasi lebih jika mereka belajar saja masih dengan setumpuk keterbatasan tanpa fasilitas yang memadai. Aliran listrik baru ada pada tahun 2012 menjamah sekolah mereka, mereka belum mengenal computer, tidak mengenal alat peraga layaknya sekolah-sekolah pada umumnya. Siswa-siswi belajar apa adanya.
Beruntunglah guru-guru yang mengapdi di SDN 2 Temuireng memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dalam mendidik dan menjalani profesi mereka. Kebanyakan guru SD tersebut bukanlah dari desa setempat, mereka berasal dari desa tetangga. Perjuangan guru-guru patut diacungi jempol, sebelum jalan menuju desa Alasmalang tempat SDN 2 Temuireng berada di bangun, mereka rela berjalan kaki menyusuri jalan di tengah hutan untuk sampai ke sekolah tempat mereka mengajar dan motor-motor mereka di tinggal di tengah hutan. Terkadang guru-guru juga rela gotong royong untuk saling membantu motor-motor mereka yang terbenam di lumpur jalan. Karena jarak tempuh sekolah tersebut dari desa sebelah kurang lebih 6 kilo.
 
Rasanya sangat gemas sekali ketika saya berkunjung ke sana, karena dulu saya juga sempat menjadi murid sekolah tersebut hingga kelas 2 SD namun kelas 3 SD sampai SMP saya pindah sekolah ke desa yang menjadi kecamatan desa tersebut. Rentang waktu bertahun-tahun sekolah itu saya tinggalkan kondisinya juga tidak berangsur membaik, kapan kiranya datang bantuan dari dermawan atau pemerintah setempat untuk merenovasi bangunan, atau sekedar memberikan bantuan berupa buku-buku sekolah gratis agar mereka tidak ketinggalan pelajaran.

Di saat di luar sana sudah menggembar-gemborkan kecanggihan teknologi, sudah saling beradu sekolah berbasis Internasional, SDN 2 Temuireng kondisinya juga masih seperti dulu. Belum ada aliran internet untuk mereka membuka wawasan, belum banyak mengetahui betapa canggihnya kemajuan teknologi.  Maka dari itulah saya ingin menggelar aksi bakti sosial untuk SDN 2 Temuireng, saya ingin siswa-siswi di sana mengeyam pendidikan yang sama dengan sekolah lain. Namun ditengah segala keterbatasan dan kekurangan tersebut, anak-anak di sana terus mengukir prestasi. Rata-rata setiap tahunnya mereka memeroleh peringkat pertama perolehan NEM tertinggi se Kecamatan Jati. Dengan mereka terbatas saja sudah dapat mengukir prestasi, apalagi jika mereka terfasilitasi akan seperti apa mereka nanti? Pastinya akan menjadi genarasi penerus bangsa Indonesia yang membanggakan bangsanya. Keikhlasan dan kerja keras para guru disana serta kemauan besar anak-anak untuk belajar dan mengejar prestasi membuat mereka tidak mengeluh dengan kondisi saat ini. “Anak-anak jauh dari kata nakal dan bandel, mereka penurut dan tidak neko-neko.” Kata Pak Sudiharto (GTT selama 9 tahun dgn gaji pertama 40rb-135rb/bulan untuk saat ini).


3.Aksi Pembatasan Jumlah Kekayaan
 
Aksi saya yang selanjutnya adalah aksi wasapada korupsi. Aksi ini saya maksudkan untuk membantu sedikit tentang penanganan soal korupsi yang sudah menjamur di Indonesia. Tentunya ini hanya solusi kecil dari saya. Saya berpendapat melihat banyaknya kasus korupsi di negara kita ini berangsur-angsur mendarah daging. Yang kaya makin kaya yang miskin sulit kaya, nampaknya memang benar adanya. Saya memiliki satu solusi dari permasalahan di Indonesia kita tentang korupsi yaitu mengadakan pembatasan jumlah kekayaan. Pembatasan jumlah kekayaan ini berlaku untuk seluruh warga Indonesia. Aksi ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya penumpukan atau penimbunan harta hasil korupsi yang berlebihan. Mengapa aksi ini berlaku bagi semua warga negara Indonesia ? karena seluruh warga negara kita juga berpotensi sebagai koruptor. Jadi penetapan atau pembatasan kekayaan seseorang yang nantinya jika berjalan akan memiliki aturan kurang lebih seperti ini : 
  • Harta kekayaan seseorang harus tidak lebih dari misal 5 miliar. Jika harta seseorang melebihi batas aturan, maka selebihnya harta tersebut di serahkan ke negara. Sehingga orang-orang yang akan korupsi bisa berfikir mereka tidak akan menyimpan kekayaan lebih dari yang di tentukan karena buat apa jika mereka korupsi lebih dari itu kan selebihnya juga akan menjadi milik negara lagi. Itu jika para koruptor mau berfikir.
  • Seseorang tidak boleh mengatasnamakan orang lain atau menitipkan barang / harta kekayaaan yang dia miliki kepada orang lain. Jadi jika seseorang ingin meminjam nama orang lain misal anak, istri saudara atau siapa saja tidak diperkenankan, kecuali memiliki syarat-syarat yang sesuai dengan pengalihan barang atau harta yang di sahkan oleh badan hukum. Jika terbukti melakukan pelanggaran maka barang atau harta tersebut di sita oleh negara.
  • Hasil barang atau harta yang sudah di sita oleh negara tidak dapat di kembalikan lagi dan akan di proses sedemiikian rupa guna mendukung program pemerintah yaitu  pengentasan kemiskinan di negara kita. Agar rakyat miskin di negara kita sedikit demi sedikit berkurang. Entah harta itu di gunakan untuk membangun rumah susun gratis, atau untuk beasiswa pendidikan intinya harta tersebut wajib diprogramkan untuk mengentaskan kemiskinan di negara kita.
Itulah sedikit peraturan yang diberlakukan dalam aksi pembatasan jumlah kekayaan. Lalu bagaimana dengan orang yang sudah terlanjur kaya namun harta kekayaannya murni bukan hasil korupsi? Sebelum benar menggunakan aksi ini, terlebih dulu pemerintah wajib mendata kekayaan seluruh warga negara Indonesia. Bagi mereka yang memang benar-benar kaya dan kekayaan mereka bukanlah dari hasil korupsi, maka pemerintah atau negara wajib melindungi harta kekayaan tersebut dan secara detail mengadakan analisa penggunaan kekayaan orang tersebut. Sebenarnya aksi ini lebih diperuntukkan bagi mereka para petinggi negara yang bekerja untuk rakyat. Karena potensi mereka korupsi dan merugikan negara lebih besar dibandingkan dengan Kami para rakyat biasa. Solusi ini saya maksudkan untuk bersikap waspada terhadap tindak korupsi di Indonesia.

Di atas merupakan aksi yang ingin saya lakukan guna memiliki Indonesia yang saling akur, damai dan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi atau sama rata serta Indonesia yang bersih bebas dari korupsi.

==========================================================================
Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog yang diadakan oleh  http://www.lintas.me dengan Tema Aksi Untuk Indonesiaku. Silahkan berpartisipasi juga ya klik aja  http://www.lintas.me/blog_aksi_indonesiaku.
 

Comments

  1. dimana ada korupsi , saya tdk pernah tahu ..? kok menjamur gmn ?

    ReplyDelete
  2. nice post sis,, aku suka yang nomer 3.. hahahaha besok kalo aku dah jadi pemerintah aku coba nerapin..

    ReplyDelete
  3. @Planet Pengetahuan : apa iya ? wah wah,,, terima kasih Sist... saya juga ingin menerapkannya :-)

    ReplyDelete
  4. Kekayaan jangan dibatasi dong...biar sedekahnya unlimited...

    ReplyDelete
  5. @ agatossi.com : Waduh itu benar Gan, namun tidak banyak yang sudah kaya lupa sedekah, ( teristimewa bagi petinggi negara ) mereka cenderung menghambur-hamburkan dan tidak efektif, 2,5 % zakat yang di wajibkan saja tidak dilaksanakan Gan, ya tapi okelah terima kasih atas komentarnya :-D salam kenal.

    ReplyDelete
  6. @ BAKMIE >> : terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :-)silahkan di baca sedetail mungkin dan mohon berikan masukan. terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Ini diikutkan lomba nulis lintas.me ya sobat.

    Semoga menang ya sobat.Amin

    ReplyDelete
  8. iya Gan, Aamiin, terima kasih atas dukungan yg di berikan..

    ReplyDelete
  9. iya, tapi kok saya di panggil mas? aku kan cewek :-(

    ReplyDelete
  10. Bagus tulisannya sis, semoga jadi yang terbaik ya. Selamat berlomba :)

    ReplyDelete
  11. Haha..
    Gua belum gauel kalau gua belum Mampir Ke blog yang Sebagus Ini..:D
    nice info ya gan..
    Silahkan berkunjung kembali ke my blogs ya..

    ReplyDelete
  12. @vmediakom : oke, terima kasih. aamiin untuk doa dan dukungannya

    ReplyDelete
  13. @Rengga gps : Wah Agan berlebihan, tapi terima kasih sudah sudi mampir kw blog ane :-),

    ReplyDelete
  14. tulisannya mantap bnget,, mudah2an bsa menang kontes, aminn....

    semangat mba :D

    ReplyDelete
  15. aamiin, makasih Gan sudah mampir dan mendoakan :-)

    ReplyDelete
  16. kunjungan perdana mas =))
    coment back yo =D

    ReplyDelete
  17. haduh pada salah paham, aku kan cewek :-( tp makasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  18. waahaha maaaaaffff cwe ya ternyata :D

    sya udah terbiasa sama blogger cw sih maaf ya hehehe :D

    ReplyDelete
  19. boleh juga tu idenya soal anti korupsi. ya asyik juga kalo harta dibatasi. yang penting pendidikan dan kesehatan masyarakat dijamin, sehingga kalopun duit pas2an, tetep nyaman.

    ReplyDelete
  20. siip. saya maunya juga begitu Gan, jadi dari hasil / sisa / kelebihan harta orang yg sudah bilang "KAYA" bisa di salurkan untuk mengentaskan kemiskinan, biar sama rata... :-) makasih sudah hadir dan mendukung :-D.

    ReplyDelete
  21. ide-idenya bagus, tapi kalau kekayaan dibatasi sepertinya tidak mungkin, akan lebih baik jika para orang kaya diwajibkan untuk lebih rajin sedekah dan berbagi hasil kekayaannya tuk membantu sesama :)

    ReplyDelete
  22. wah begitu ya Gan ? mungkin memang kurang efektif, namun saya yakin bner jika ada kewajiban orang kaya untuk sedekah itu mustahil berjalan buktinya masih banyak rakyat miskin toh sekarang juga udah ada banyak orang kaya yang kurang sadar kewajiban bersedekah / berzakat 2,5%. tapi boleh juga :-) makasih sudah berkunjung Gan

    ReplyDelete
  23. 3 Aksi yang patut diacungi 2 jempol, apalagi kalau dapat terealisasikan, tambah 2 jempol lagi... :D

    ReplyDelete
  24. :-) makasih boleh juga tuh Gan pinjem jempol ortu biar tambah banyak agi :-D

    ReplyDelete
  25. Wah makasih sudah jauh - jauh dari malaysia sudi mampir ke blog saya :-)

    ReplyDelete
  26. terimakasih telah mampir d blog pribadi saya.. salam kenal kembali.. semoga silaturahmi terjaga

    ReplyDelete
  27. Selalu support n good luck ya mbak...
    Semoga ikutan lomba kontes nya terpilih jd juara...amin :)

    ReplyDelete
  28. Selalu support n good luck ya mbak...
    Semoga ikutan lomba kontes nya terpilih jd juara...amin :)

    ReplyDelete
  29. aamiin :-) makasih Agan-agan semua yang sudah datang mendukung :-) aamiin. makasih untuk doanya.

    ReplyDelete
  30. wah,,, jalannya berlumpur banget tuh :D

    gak kebayang kalo tiap saat musti ngelewatinnya

    ReplyDelete
  31. Iya Gan, tapi alhamdulillah di pertengahan tahun ini ada bantuan berupa batu dan pasir kali untuk jalan agar bisa di lewati.

    ReplyDelete
  32. Semoga Pendidikan di Indonesia bias semakin maju, mencetak generasi-generasi yang peduli keadaan sekitarnya, dan mudah-mudahan biaya pendidikan di Indonesia bias lebih terjangkau dengan tidak mengesampingkan kualitas dari pendidikan itu.

    ReplyDelete
  33. Semoga manjdi yang terbaik...



    kunjung balik ya
    www.komputermedia.com

    ReplyDelete
  34. post yang menarik.... mudah2an indonesia bisa lebih maju lagi dan lepas dari korupsi

    ReplyDelete
  35. @Dapah blog : Aamiin Gan terimakasih, itulah harapan kita semua, semoga pendidikan di Negara Kita semakin maju tidak hanya berkembang terus :-)

    ReplyDelete
  36. @ Komputermedia.Com : Aamiin Gan mKasih kunjungnnya ya.
    .
    @ astronesia : iya Gan itulah harapn saya semoga dengan aksi tersebut kasus korupsi di Indonesia bisa tertuntaskan

    ReplyDelete
  37. @ EYSurbakti : terima kasih atas dukungannya Gan :-)

    ReplyDelete
  38. :-) terima kasih semoga banyak dukungan dari pihak lain Gan

    ReplyDelete
  39. wah bagus nih kalau semua orang Indonesia tau..:)
    bisa hidup damai, nyaman, sentosa..:D

    ReplyDelete
  40. @ Supercoolzz : Alhamdulillah :-) terima kasih dukungannya Gan ,, semoga ada yang mendukung lebih banyak dan Mari kita realisasikan

    ReplyDelete
  41. nice artikel gan..
    jangan lupa mampir di
    htttp://thedragao.blogspot.com

    ReplyDelete
  42. :-) terima kasih Gan. oke meluncur ke TKP

    ReplyDelete
  43. Artikel yang sangat menarik, khususnya keinginan nomer 2 :)
    Mari kita bersama-sama memajukan kualitas pendidikan dari berbagai sektor buk,

    salam,

    ReplyDelete
  44. :-) salam kembali >terima kasih saya hanya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indoensaia Gan.. terima kasih.

    ReplyDelete
  45. Kalo Negara Ngak Pada Korupsi, Pasti Indonesia Akan Maju

    Backlink yea ==> http://www.romantis-xp.web.id/
    Jangan Lupa Follownya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar yang di tinggalkan :-)

Tentang Penulis :
Yulianti (ulie) lahir di kota kecil di Kabupaten Blora Jawa Tengah pada 24 Maret 1993. Hobby ikutan lomba dan sayang sama keluarga.

Popular posts from this blog

OSHIN (REFLEXOLOGY & BODY SPA)

Spesial kebaikan dari Marina UV White Extra SPF15 untuk kulit cantikku

Materi Lighting lengkap