Walau Sedikit, Tapi Nyata


Assalamualaikum sahabat bumi, kali ini saya akan bercerita kebiasaan baikku sehari-hari dalam rangka mendukung gerakan hemat energi  serta menjaga lingkungan sekitar kita. Sahabat berhubung saya anak kos sering kali keterbatasan fasilitas  saya temukan disana-sini. Namun ada baiknya juga jika kita sedikit mendapat minim fasilitas dalam kehidupan sehari-hari kita. Bukan tidak mungkin jika kita setiap harinya mendapat kebutuhan fasilitas nanti kita malah semakin tidak puas dan selalu ingin menambah fasilitas bukan?
Hidup sebagai anak kos yang kebetulan mendapat ibu kos yang sangat gemar berbicara tanpa henti nampaknya menjadi pemandangan yang indah tersendiri untuk saya dan teman-teman. Sering kali jika saya dan teman-teman nimbrung  malah yang ada menggosipkan ibu kos yang mereka bilang “ceriwis”. Namun jangan ditiru ya kebiasaan menggosip kami ini.

Dari kos yang sederhana ini saya belajar banyak tentang apa itu memanfaatkan segala sesuatu sesuai dengan kebutuhan bukan bersikap berlebihan. Walau memang kadang ya ada rasa memberontak ketika ibu kos terlalu berlebihan dalam memberi peringatan keras untuk menghemat air, pasalnya menggunakan air ini ada batas waktunya lebih dari jam 09.00 air dari PDAM tidak bisa mengalir lagi. Dari sinilah awal saya bersikap bijak dalam menghemat segala sesuatunya.

Berikut tindakan nyata saya dalam mengemat energi :

1.    Hemat Listrik

Sahabat, namanya juga anak kos, yang di sewa hanyalah kamar petak saja tidak lebih. Kebetulan memang saya menghuni kos yang boleh di bilang kos yang sangat istimewa murahnya jadi ya wajar jika saya mendapat fasilitas yang apa adanya juga dari sang pemilik kos. Peraturan yang tepampang di depan pintu kosku yang setiap hari mau tidak mau saya baca karena selalu terlihat di pandangan saya adalah
 “matikan lampu serta peralatan elektronik ketika hendak  bepergian"


Sudah menjadi hal yang wajib dan mutlak aturan itu harus dijalankan, ada baiknya juga kok ternyata jika kita sebelum bepergian mematikan semua barang elektronik, jadi kita tidak perlu kawatir lagi akan terjadi hubungan arus pendek atau merasa ingat-ingat lupa apakah TV sudah mati apa belum. Saya punya tips agar kita bisa menjalankan aksi hemat listrik ini untuk kita semua, yaitu jika sahabat ingin bepergian akan lebih baiknya jika sahabat mendiami rumah matikan saja saklarnya atau aliran listrik yang berasal dari sumbernya langsung, biar kita bepergian dengan hati yang tenang serta  selain itu juga bisa mendukung gerakan hemat pengeluaran bulanan dan juga menghemat energi listrik itu sendiri. Jangan merasa masa bodoh dengan hal kecil seperti ini apalagi berfikir yang konyol

“alah, kenapa saya harus  hemat mereka saja tidak mau hemat  jadi nanti jatah saya diambil mereka dong, mereka jadi semakin punya kesempatan banyak memakai energi listrik semaunya. Enak-enakan aja..!!!”

Jangan berfikir demikian ya sahabat, sedikit atau sekecil apapun tindakan kita entah itu baik atau buruk  pada akhirnya pasti juga akan berimbas kepada diri kita sendiri.

2.    Hemat Air

Sahabat apa yang akan kalian lakukan jika sahabat tinggal disebuah kos yang melarang penghuninya untuk mencuci pakaian dan mencuci kendaraan? Inilah yang saya alami di kos saya. Mungkin satu dua minggu akan merasa tidak nyaman, terlebih saya adalah seorang wanita yang pastinya pekerjaan mencuci adalah pekerjaan yang sangat membantu kita untuk belajar mandiri. Alasan pemilik kos untuk melarang penghuni kos mencuci pakain dan juga kendaraan adalah karena air akan mubajir atau sia-sia banyak terbuang. Boleh juga alasannya, secara tidak langsung memang akan menghemat air.
Namun masih ada pengecualian tentang mencuci pakaian, yang tidak boleh dilakukan adalah mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak semisal  satu minggu baru mencuci atau beberapa hari hingga pakaian menumpuk dan wajib hukumnya untuk di laundry. Untuk yang satu ini ibu kos hanya membolehkan mencuci pakain dalam saja hehehee memang sangat mentolelir  ya, setidaknya  kita masih bisa beraktifitas mencuci bukan? Sangat baik sekali peraturannya. Namun jangan dilihat dari sisi negatifnya, mari kita lihat dari sisi positifnya. Peraturan yang demikian tentunya sangat membantu program menghemat air bersih, karena air bersih tentunya semakin lama semakin langka di dapat terlebih di daerah perkotaan seperti ini.

Masih dengan kegiatan menghemat air, di depan pintu kamar mandi masih tepampang jelas tulisan sebesar itu

“matikan kran dan lampu jika sudah tidak digunakan”



dicetak dengan huruf kapital tebal dan bergaris bawah. Berebut kamar mandi adalah hal biasa yang Kami lakukan di pagi hari sebelum berangkat kerja. Lama-kelamaan ternyata peraturan ini menjadi hal yang biasa buat Kami. Jika dulu diawal saya kos di sana saya merasa kaget akan peraturan-peraturan yang sederet itu kini semakin kedepan peraturan yang saya anggap aneh itu secara tidak langsung  malah berdampak positif buat saya.

3.    Hemat Bensin

Demi menjaga keamanan isi dompet, apapaun saya lakukan. Salah satunya yaitu dengan menghemat bensin, karena pengeluaran  untuk membeli bensin ternyata juga memberi dampak  besar juga. Untuk itu saya menggalakan program hemat bensin / BBM, untungnya motor saya bersahabat dengan keadaan alias tidak terlalu boros. Untuk mendukung semua itu, saya memilih kos yang berjarak tidak jauh dari kantor saya jadi penggunaan bahan bakar kendaraan saya bisa saya atur agar tetap menghemat.


Bisa menghemat BBM juga tentunya menghemat pengeluaran. Tapi saya ada tips buat sahabat agar kendaraannya bisa sedikit lebih hemat karena mesinnya terjaga, saya menggunakan pertamax selain bagus untuk mesin menggunakan pertamax juga bisa membantu program pemerintah dalam mengupayakan penghematan energi atau BBM bersubsidi.

Sahabat di atas adalah tiga tindakan nyata  saya dalam dalam mengemat energi versi anak kos. Berikut  ini juga masih ada cerita dari saya yaitu tentang  menjaga lingkungan.


Jika diatas, di kos saya terdapat peraturan tentang menghemat energi, kini saya akan menceritakan sedikit tentang kos saya lagi tentang peraturan kebersihan. Saking mandirinya di tempat  kos saya tidak menyediakan tempat sampah umum, jadi sampah-sampah penghuni kos itu menjadi urusan dan tanggung jawab masing-masing pemilik. Nah, mengapa demikian? Padahal kita sudah bayar kos tapi tidak boleh mencuci, harus hemat air dan terlebih harus mengurusi sampah pula. Maksud dari ibu kos tentunya baik, agar kita berlatih tentang tanggung jawab.
Sampah-sampah yang saya produksi setiap hari tentunya menjadi kewajiban saya untuk membungnya, namun jika tau ada peraturan seperti  ini jangan pernah berfikir untuk membuang sampah sembarangan ya? Karena akan ada denda ketika kita membuang sampah sembarangan, yaitu dendanya adalah akan menerima nasehat panjang kali lebar sama dengan luas dari ibu kos tercinta. Hati-hati juga jangan pernah memunyai niat untuk menitipkan sampah kita ke tong sampah teman sebelah, pasalnya kita tidak kalah kena omelan dari teman kita kurang lebih seperti ini

 “enak aja nitip sampah, pas belum jadi sampah aja aku nggak dikasih makanannya, sekarang tinggal bungkusnya nitip buangnya”

Maka dari itu, memulai diri dengan menjaga kebiasaan yang baik walau dengan sampah juga diperlukan sahabat. Sebab, jika kita peduli dengan hal-hal kecil disekitar kita pastinya juga akan berdampak positif juga untuk kita nantinya. Selain itu jika kita peduli dengan sampah-sampah kita dan di buang ke tempat sampah yang benar maka kita akan mendapati lingkungan sekitar kita yang bersih bebas sampah.


Selain itu menjaga lingkungan juga saya lakukan dengan menghemat penggunaan AC, di kantor tentunya tidak hanya menggunakan  satu atau dua AC saja. Dan setiap harinya selama jam kerja AC-AC itu selalu dinyalakan. Bukan bermaksud sok atau gimana namun saya memilih untuk mematikan AC diruangan saya, karena saya sering membuka pintu ruang kerja saya dan dari luar hawa-hawa AC masuk kedalam ruangan saya, jadi saya rasa sudah cukup dan tidak perlu lagi menyalakan AC pribadi. Kebiasaan saya ini memang kadang sedikit mendapat respon aneh dari teman-teman kerja saya, kurang lebih seperti ini

“Ulie, ulie di kasih AC ya mbok di pakai kok malah dimatikan. Kamu orangnya kok hemat banget ya?” 
Hal itu hanya saya tanggapi dengan senyuman saja. Semoga saja teman-teman saya semakin kedepan semakin sadar akan tindakan yang saya lakukan dengan tujuan untuk menjaga lingkungan sekitar karena terkena udara dari AC saya rasa juga tidak baik untuk kulit kita bisa-bisa karena terbiasa di ruangan ber AC kita malas untuk keluar dan berhadapan langsung dengan matahari. Padahal sinar matahari pagi adalah sinar matahari terbaik untuk kulit kita. Selain itu, air yang menetes dari AC yang kita gunakan tidak baik pula untuk lingkungan, tanah sekitar untuk itu mari kita meminimalisasi penggunaan AC dalam kehidupan sehari-hari.

Sahabat itulah yang dapat saya ceritakan, semoga bermanfaat dan timbul inspirasi juga untuk bertindak menghemat energi dan menjaga lingkungan.
Semoga Bermanfaat :-)



Apakah sahabat memiliki tindakan nyata yang hampir sama dengan saya atau berbeda? yuk ikutan Blogger Contest Sobat Bumi klik disini.


.

Comments

  1. ya memang demikian suks dukanya anak kost, Tapi bagaimanapun kita tetap tegar dan harus bisa menghadapi kenyataan hidup memang seperti inilah adanya, dan kita tetap bersukur karena apapun terjadi itu merupakan pelajaran dalam mensikapi arti kehidupan. Saya yakin anda termasuk org yg tegar dan mampu dalam menghadapi kenyataan hidup dan itu bekal anda utk masa depan ...
    selamat dan sukses yah..

    ReplyDelete
  2. @ wujud subhan : Terima kasih Gan :-)
    .
    @ Penyuluh Perikanan : iya Pak,bukan menjadi hal yg berarti malah dari sana saya bisa belajar arti penghematan dan merasakan dampak positifnya juga :-) terima kasih telah berkunjung pak :-)

    ReplyDelete
  3. nice post.. semoga dapat dicontoh sama lainya...

    ReplyDelete
  4. :-) aamiin Mbak agnes.. terima kasih semoga ada yg terinspirasi dan melakukan lebih dari saya :-)

    ReplyDelete
  5. terkadang sebuah paksaan itu memberi efek positif ya,mbak...
    Hahaha

    Smga generasi muda yg lain dpt mencontoh aksi mbak tanpa ada nya awalan paksaan, tapi krn atas kesadaran menyelamatkan bumi.. :)

    Semangat,mbak!! :D

    ReplyDelete
  6. nice mbak artikelnya, narasinya bagus dan inspiratif.

    Hal seperti itu benar sekali, sama seperti yang diutarakan Mbak Ilmi Fadhilah Rizki juga.

    peraturan bisa membawa kita menjadi lebih tertib dan terbiasa untuk hidup lebih teratur.

    makasih yah, udah sharing. Salam

    ReplyDelete
  7. @Ilmi Fadhilah Rizki : Alhamdulillah.. terima kasih , mbak atas semangat dan dukungannya :-) iya mbak saya selalu berfikir walau itu tindakan yg sedikit atau sekecil apapun pasti akan berdampak pada diri kita sendiri :-)
    matur nuwun sudah mampir ke blog saya

    ReplyDelete
  8. @ Bang-Is Personal Weblog : Wah terima kasih kalo artikel saya dapat menjadi inspirasi. iya bener Gan semua itu berawal dari kebiasaan :-)
    .
    salam kembali ya Gan. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  9. wah artikel yang sangat bermanfa'at , trima kasih buat adminya

    ReplyDelete
  10. @ ahmad riyanto : Wah Wah.. Terima KAsih Gann, semoga bermanfaat juga untuk sahabat blogger lainnya :-)
    >

    ReplyDelete
  11. artikel,nya bagus gan ..
    salam sahabat blogger ...

    ReplyDelete
  12. @ Muhammad Ma'sum: Alhamdulillah :-) terima kasih Gamm..
    ....... salam blogger kembali sahabta :-)

    ReplyDelete
  13. Tindakan kita yang sedikit tapi nyata akan membawa perubahan yang besar bagi kehidupan bangsa ini,karena yakinlah semua gerakan itu berasal dar sebuah yang kecil dan hanya bermulai dari satu pribadi...pencetusnya...mantab--mantab, postingan nya

    ReplyDelete
  14. Wah ini keren banget gerakannya ,,,sukses buat admin...t6api kayaknya mendhing ditulis sebagi keyword : Walau sedikit tapi nyata,daripada ditulis sebagai Admin ...he,,he,,he,, saran buat shooting kerywordnya gitu...

    ReplyDelete
  15. @ Kang Nemo : Aamiin. terima kasih Gan.
    .
    @ Bodin : Wah, terima kasih sudah di jabarkan lebih lanjut Gan... saya juga dulu tidak terlalu patuh dengan kebiasaan yang kecil , namun dengan berada di kos ini saya tau benar bagaimana saya harus belajar dari hal yang kecil untuk dapat menuai hasil yang besar. sebab semua itu berawal dari kebiasaan seseorang :-) terima kasih sudah berkunjung Gan :-)

    ReplyDelete
  16. @ Bintang Marmer : :-) saran yang bagus. terima kasih Gan sarannya :-)
    semoga gerakan ini bisa menjadi salah satu contoh untuk mereka semua Gan :-) dan di kembangkan .. aamiin.
    .
    @ Tika : :-) Siip0... terima kasih ya Sisit...

    ReplyDelete
  17. bagus sekali nie artikel....


    nice lah..

    ReplyDelete
  18. betul, mari kita berhemat dari yang sekecil apapun dan muali dari sekarang, nice post..

    semoga sukses kontesnya yah

    ReplyDelete
  19. @ Muro'i El-Barezy : siip Gan.. Terima kasih ya atas doa dan dukungannya, bener banget kok semua berawal dari yang kecil, sering menyepelekan hal kecil tentunya juga tidak baik ya.. bener banget jika agan mengatakan apapun dimulai dari yang kecil.. siip siip.. makasih ya Gan,,

    ReplyDelete
  20. :-) salam kenal; Kembali Gan.. oke Aku follow Back..

    ReplyDelete
  21. betul sekali, sedikit tapi nyata.. :)
    yang dekat saja dari kehidupan sehari2.. :)

    ReplyDelete
  22. :-) terima kasih Gan, atas kesamaan pendapatnya... semoga banyak hal kecil dalam keseharian kita bisa kita jadikan sebagai pembelajaran yang baik dan pembenahan untuk sesuatu yang besar..Aamiin.

    ReplyDelete
  23. :-) waduh ada Agan Roqib... selamat datang kembali Gan.. terima kasih ya atas waktu berkunjungnya... siip.. mkasih atas dukungannya...

    ReplyDelete
  24. mantap gan, walaupun sederhana tapi bisa berdampak besar :D

    ReplyDelete
  25. @ Rezky Nabil : siip itulah Gan. dulu saya sering menyepelekan hal kecil karena itu tidak terdikirkan oleh saya jika akan berdampak besar pula nantinya... tapi sekarang saya berusaha untuk tidak mengabaikannya..

    ReplyDelete
  26. @ pasnem aamiin Gan.. semoga dikabulkan ya.. Aamiin.

    ReplyDelete
  27. @ Erwin Darma Ristyan : Terima Kasih Gan atas pujiannya.. semoga bermanfaat untuk semua Gan.. semoga timbul inspirasi-inspirasi baru buat semuanya...

    ReplyDelete
  28. @ fian ilejay : :-) makasih.. Salam kenal kembali Gan :-)

    ReplyDelete
  29. mari hemat energi ... semoga sukses sob :D

    ReplyDelete
  30. @ Stupid monkey : Mari GanmmMari henat Energi :-)
    aamiin sob

    ReplyDelete
  31. @ muhammad ikhsan : Terima kasih Gan.. Artikel kamu juga tidak kalah bagus kok

    ReplyDelete
  32. Wah,

    Postingan yang sangat Luar biasa !

    yg Aq jadi minder.

    hehe ...

    ReplyDelete
  33. setuju sob sekecil apapun yang kita lakukan itu lebih baik ....dan lebih berarati bagi kita semua ...

    ReplyDelete
  34. @ elnadaska : hehehe jangan minder atuh Gan, sama-sama berkompetisi.. jadi harus semangat ya.. optimis.. selalu berpartisipasi dengan baik :-)

    ReplyDelete
  35. @ mahbub ikhsan : Siip. terima kasih sudah mendukung gerakan saya walau sedikit tapi nyata dan " Do It"... :-)

    ReplyDelete
  36. @ Supercoolzz : terima kasih agan Supercoolzz atas dukungan yang diberikan :-)

    ReplyDelete
  37. artikelnya sangat bermanfaat sob (y)

    #comentback

    ReplyDelete
  38. think globally, act locally... tinggal ditularin aja kebaikan ini ke semua orang hahaah good job!

    ReplyDelete
  39. Siip ... Ajakan yang bagus untuk diikuti.
    Lengkapi juga lombanya. Ini salah satu pesertanya ...
    http://blogimronrosjadi.blogspot.com/2012/12/pureit-alat-pembersih-air-sederhana.html

    ReplyDelete
  40. @ romi boz : Terima kasih jika bermanfaat.. salam kenal Gan///
    .
    @ romi boz : Siip. ini juga tahap penularan Gan... mohon di bantu untuk menularkan ke berbagai sahabat Bumi :-)
    .

    ReplyDelete
  41. @ Imron Rosjadi : Terima kasih Gan.. :-) iya nanti saya insya allah menyusul untuk yang lomba itu... belum ada topik yang Pas buat saya untuk mengulasnya :-)

    ReplyDelete
  42. wah keren-keren.... sayang saya belum bisa untuk seperti itu, terutama soal listrik..... selalu lupa matikan lampu saat keluar....hahahahaha

    ReplyDelete
  43. @ bayu prasetyo : Waah, dulu saya juga gitu Gan, tapi 2 tahun di kos ini jadi terbiasa :-) pasalnya kalo tidak membiasakan diri bisa-bisa bu kos ngomel Gan.. wkwkwkkk

    ReplyDelete
  44. @ Bisnis Autopilot : Siip :-) aamiin.. Makasih Ya Gan..

    ReplyDelete
  45. assalamu'alaikum sahabat baruku, saling blogwalking lagi yuk. ulasannya mendetail dan menyeluruh, memulai dari hal kecil maka akan menjadi kebiasaan baik yang berimbas pada hasil besar yang lebih baik. semoga menjadi inspirasi bagi pembaca semuanya. saling twit yuk di @bangmisno oke ditunggu de.

    ReplyDelete
  46. :-) siip bang... terima kasih atas kunjungan dan dukungan yang di berikan semoga banyak yang ketularan. semoga dari hal kecil yang kita perhatikan akan berdampak besar. aamiin.

    ReplyDelete
  47. Heman sumber daya alam untuk generasi mendatang merupakan investasi amal kebajikan kita

    ReplyDelete
  48. @ Suwandi : Iya Gan, itu yang sdang saya Galakan :-) semoga hal kecil yang saya lakukan bisa berdampak besar nantinya... semoga juga banyak yang mendukung dan melakukan hal yang lebih hebat lagi. aamiin.

    ReplyDelete
  49. :-) terima kasih Mbak Ella's aamiin semoga dirimu juga sukses ya

    ReplyDelete
  50. Yuk kita berhemat, baik hemat listrik, air, dan bahan bakar minyak. Gunakan seperlunya. Semoga pertamina semakin jaya

    salam
    Omjay

    ReplyDelete
  51. @ Wijaya Kusumah : halo Om Wijaya Kusumah :-) salam kembali ya Om,, ayo Om saya juga sedang menggalakan program penghematan ini Om. di bantu ya...:-)

    ReplyDelete
  52. bagus artikel semoga bisa memotivasi yang lainya

    ReplyDelete
  53. @mohamad rivai : wah wah jangan negitu Gan :-) jadi ndak enak ati heheheee

    ReplyDelete
  54. tips yang bagus untuk dipraktikkan mbak!

    ReplyDelete
  55. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar yang di tinggalkan :-)

Tentang Penulis :
Yulianti (ulie) lahir di kota kecil di Kabupaten Blora Jawa Tengah pada 24 Maret 1993. Hobby ikutan lomba dan sayang sama keluarga.

Popular posts from this blog

OSHIN (REFLEXOLOGY & BODY SPA)

Spesial kebaikan dari Marina UV White Extra SPF15 untuk kulit cantikku

Materi Lighting lengkap