yang Muda yang Berinovasi

Assalamualaikum sahabat. Banyaknya inovasi yang sekarang ini ada, nampaknya membuat saya berfikir pula bagaimana saya juga bisa berinovasi. Inovasi saya mungkin bukan inovasi terbaru atau penemuan terbaru, namun inovasi yang ingin saya lakukan adalah berinovasi untuk generasi muda Indonesia yang mandiri. Kemandirian seperti apa sih yang harusnya dimilki oleh genarasi sekarang ini? Menurut saya, generasi muda yag mandiri adalah generasi muda yang berguna bagi banyak generasi muda lainnya. Saya boleh di bilang belum mandiri dalam arti belum bisa berguna bagi banyak generasi muda. Namun ada satu hal yang ingin saya capai dalam menggapai kemandirian itu, yaitu saya ingin berinovasi dalam hal menyiptakan lapangan pekerjaan untuk sesama generasi muda lainnya.

Melihat banyaknya sesama teman yang lulus dari sekolah kejuruan yang sama, menginspirasi saya untuk dapat memiliki sebuah pekerjaan yang sebidang dengan keahlian Kami. Karena kenyataanya di luar sana tidak banyak yang bisa memberi Kami lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidang Kami. Saya berfikir mengapa tidak kita sendiri saja yang membuat lapangan pekerjaan? Ingin sekali pemerintah memberikan bantuan untuk Kami lulusan SMK yang memang sudah memunyai keahliah walau masih dasar diberi kesempatan untuk mendapat modal usaha. Jika benar demikian, usaha yang ingin saya kelola adalah memiliki redaksi koran sendiri yang didalamnya terdapat teman-teman saya dan juga generasi muda lainnya yang ikut terlibat. Saya ingin menampung mereka semua untuk dapat saling bekerja sama. Saya ingin memiliki redaksi koran yang mewakili setiap daerah jika perlu redaksi tersebut saya adakan di setiap kabupaten di seluruh Indonesia. Koran yang ingin saya hadirkan salah satunya memuat :

  1. Halaman berita terupdate seputar Indonesia
  2. Halaman hot news seputar kabar sesuai daerah masing-masing 
  3. Halaman khusus info lomba / kompetisi / kuis di seluruh Indonesia
  4. Halaman khusus info lowongan pekerjaan beserta profil lengkap perusahaan
  5. Halaman khusus pencari pekerjaan beserta profil lengkap pencari pekerjaan
  6. Halaman khusus berita olahraga, jual – beli, kuliner dan ragam 
  7. Halaman kreatif (foto, karikatur, cerpen, artikel, info pendidikan dll)

Sekitar tujuh tema yang ingin saya hadirkan dalam koran tersebut yang dimuat dalam empat belas halaman sudah termasuk cover. Jika benar usaha ini berjalan maka setidaknya ada beberapa generasi muda yang akan tergabung didalamnya dan akan menempati posisi sesuai dengan bidangnya salah satunya yaitu :

  • Menjadi reporter atau pencari berita 
  • Menjadi desaianer ( layout, grafis)
  • Menjadi editor ( artikel, layout)
  • Menjadi tim kreatif penyajian
  • Menjadi sekretaris
  • Menjadi tim publishing
  • Menjadi marketing
  • Hingga menjadi OB sekalipun itu juga sebuah pekerjaan
  • dll

Bayangkan jika benar di masing-masing daerah ada sebuah redaksi koran, sudah berapa banyak generasi yang  ikut terlibat didalamnya dan bekerja sesuai dengan bidangnya. Saya benar ingin sekali berinovasi demikian agar Kami tidak selalu bekerja di bawah tangan / perintah orang lain, kita bisa menjadi bos atas diri kita sendiri sesuai dengan pekerjaan yang kita pilih bukan pekerjaan yang memilih kita agar kita tepat memosisikan diri kita. Namun nampaknya itu tidak semudah seperti kita mengedipkan mata. Kekurangan di sana sini pasti akan mewarnai. Namun apa salahnya jika hal itu benar adanya dan kita coba. Ini baru satu lapangan pekerjaan yang tersedia di sebuah redaksi koran, apabila masing-masing lulusan SMK yang memiliki bidang keahlian yang berbeda-beda mendapat kesempatan yang sama memeroleh modal usaha yang dapat merekrut teman-teman atau lebih banyak generasi muda, pastinya pengangguran di Indonesia kita tentunya akan sedikit berkurang.

Lalu bagaimana dengan mereka generasi muda yang belum memiliki keahlian sama sekali ? para generasi muda yang sudah memiliki keahlian dapat membuka LPK atau kursus-kursus yang diperuntukkan bagi generasi muda yang belum memiliki keahlian. Jadi jangan takut atau pelit menularkan keahlian yang kita miliki untuk orang lain karena hawatir mereka hanya akan jadi saingan kita. Berfikirlah jika semakin banyak orang yang memiliki keahlian maka semakin banyak pula orang itu bisa bermanfaat bagi orang lain melalui ilmu yang sudah kita tularkan. Karena saya ingat dengan kata mutiara indah salah satu sahabat saya bahwa “ pengetahuan bukanlah untuk keserakahan”. 

Jadi itulah inovasi yang ingin saya ciptakan untuk menuju Indonesia yang mandiri melalui menciptakan lapangan pekerjaan bagi generasi muda, karena sekarang jamannya yang muda yang berinovasi. Semoga bermanfaat dan wassalamualaikum :-).


Di atas boleh dijadikan contoh atau refrensi untuk dapat membuat generasi muda yang berinovasi di Indonesi. masih banya cara kita untuk berinovasi, punya inovasi? silahkan tulis dan ikut berpartisipasi dalam lomba ini.

========================================================================
 "Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.“ ========================================================================

Comments

  1. i like it .. cause knowledge are unlimited , that only GOD have it .

    ReplyDelete
  2. terima kasih Gan :-) semoga banyak inovasi muda bermunculan ya :-D

    ReplyDelete
  3. :-) wah ada yang singgah, terima kasih Gan.

    ReplyDelete
  4. Inovasi memang perlu tapi jangan lupa juga untuk coba diterapkan jadi ga cuman jadi angan2 karena segala sesuatu rencana harus dicoba dilaksanakan utk mengukur tingkat keberhasilan suatu pemikiran.


    Admin Site - http://saynotomaho.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. siip Gan, itulah yang sampe sekarang masih saya usahakan, saya ingin segera merintis semua itu, semoga ada bantuan dari yang ingin membantu saya :-)
    aamiin.

    ReplyDelete
  6. wah, hebat
    d(^_^)b
    AKU DUKUNG 100%!!!
    BANGKITLAH WAHAI PEMUDA PEMUDI!!
    jangan bisanya cm tawuran doank....

    semoga menang ya

    ReplyDelete
  7. Aamiin, semoga banyak inovasi bermunculan Gan. aamiin untuk doanya. terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  8. met mlm genk slam kenal genk. mmpir genk kpn2 heheh.

    ReplyDelete
  9. @ All : oke2 makasih buat waktunya udah sempet mampir di blog ane :-)

    ReplyDelete
  10. waow..bgus jga tuch ide,klo direalisasikan boleh juga tuch.sukses ys :)

    ReplyDelete
  11. :-) siip. semoga mbak karima saya juga ingin merealisasikan kok..nanti insya Allah semoga ada jalan. aamiin.

    ReplyDelete
  12. bagaimana kalau diawali dengan media online dulu, maksimalkan kemudahan berinternet saat ini :), tuk media offline (tabloid, surat kabr, majlh, etc) modal yg dibutuhkan lebih banyak dan kurang efesien, terutama dalam mengkoordinasi setiap perwakilan daerah :)

    ReplyDelete
  13. :-) iya sih Gan, mikirnya sih nanti setiap daerah ada yg hendel sendiri2 gitu.. kalau di awali dengan media online boleh juga idenya.. makasih ya Gan.. :-)

    ReplyDelete
  14. hebat ^_^
    terus berkreasi kakak
    semoga mendapatkan tambahan Prestasi

    ReplyDelete
  15. Betul sekali manfaatkanlah masa mudah mu untuk meraih masa depan dengan mengeluarkan inovasi terbaru dan jangan malah ikut-ikutan ke dampak negatif.

    ReplyDelete
  16. sangat diperlukan sebuah inovasi itu
    mungkin yang patut di garis bawahi disini adalah bukan anak muda, tapi orang yang berjiwa muda.
    tahukan perbedaannya?
    heheh

    ReplyDelete
  17. @ade rizky tri prasojo : siip. matur nuwun.
    .
    @ Abed Saragih : beener Gan , mungkin semua orang juga ingin berinovasi tapi mungkin seperti saya kurang dana :-) semoga ada jaalan kemudahan untuk tetap menjadi generasi muda yang selalu berdampak positiv dimana aja kita berada :-)aamiin. makasih atas kunjungannya. :-)

    ReplyDelete
  18. @ ricoademandana : Wah super sekali :-) em menurut aku sih bedanya kalao anak muda memang anak muda saja kalau yang berjiwa muda bisa muda bisa tua yang memunyai jiwa kepemudaan :-) benarkah demikiah ahahaaa... siip pada dasarnya inovasi bisa diciptakan oleh siapa saja. makasih sudah sudi singgah ke blog saya :-)

    ReplyDelete
  19. Selalu support n good luck ya...
    Semoga ikutan lomba kontes nya masuk juara ya mba...
    Karya tulisan nya bagus ;)

    ReplyDelete
  20. Selalu support n good luck ya...
    Semoga ikutan lomba kontes nya masuk juara ya mba...
    Karya tulisan nya bagus ;)

    ReplyDelete
  21. sangat diperlukan sebuah inovasi itu
    mungkin yang patut di garis bawahi disini adalah bukan anak muda, tapi orang yang berjiwa muda.
    tahukan perbedaannya?
    heheh

    ReplyDelete
  22. mantap dex, sukses ya.. mantap nih ide pengembangan nya..

    ReplyDelete
  23. :-) makasih semoga terwujud Gan. aamiin,.

    ReplyDelete
  24. salam sukses dex, wow komentar nya rame banget... salut.. dah..:)

    ReplyDelete
  25. :-) iya Gan,. semoga komentar dan dukungan dari teman-teman bisa menambah peluang untuk mewujudkan inovasi saya :-) aamiin

    ReplyDelete
  26. Semoga sukses dengan kontesnya sahabat...
    Memang generasi muda sekarang dituntut untuk memberikan banyak inovasi yang bermanfaat bagi sesama...

    Mohon dukungannya mba untuk mengKLIK G+1 pada postingan mengenai IPHONE 5 GADGET IMPIAN semoga mba berkenan membantu.
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya mba.
    Klik G+1 di postingan atas semoga juga membantu mba.

    ReplyDelete
  27. Pagi sobat..
    Waw nice post..
    Yang post sebelum nya juga bagus tapi ini lebih baik dari yang lalu..:)
    terus berkarya ya..
    Haha..:D
    oh ya mampir juga ya ke my blog..:)

    ReplyDelete
  28. @ Ferry Nurse : Siip terima kasih atas dukungannya Gan :-) siap meluncur

    ReplyDelete
  29. @
    Rengga gps : Pagi juga Gan : wah terima kasih penilainnya, sudah sudi mampir dan memberi dukungan oke Gan langsung ke TKP :-)

    ReplyDelete
  30. Indonesia sekarang memang sangat memerlukan Generasi muda yg lebih baik terutama utk berinovasi, saya setuju dengan postingan ini, semoga lombanya sukses dan berhasil

    saya ijin follow ke 107, jika tdk keberatan ditunggu follow kembali sobat
    terima kasih dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  31. gimana cara ikut lombanya? keren nih kyaknya..:)

    ReplyDelete
  32. @ penyuluh perikanan : siap. makasih Gan atas dukungannya. Aamiin semoga mendapat hasil Gan. oke saya follow back

    ReplyDelete
  33. @ Supercoolzz : mohon maaf lomba sudah ditutup 15 nov lalu Gan :-)

    ReplyDelete
  34. :-) siip. terima kasih juga semoga ada banyak inovasi bermunculan dari Kami generasi mmuda bangsa .

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar yang di tinggalkan :-)

Tentang Penulis :
Yulianti (ulie) lahir di kota kecil di Kabupaten Blora Jawa Tengah pada 24 Maret 1993. Hobby ikutan lomba dan sayang sama keluarga.

Popular posts from this blog

OSHIN (REFLEXOLOGY & BODY SPA)

Spesial kebaikan dari Marina UV White Extra SPF15 untuk kulit cantikku

Materi Lighting lengkap