KITA PUNYA HAK DI IT

IT merupakan media yang saat ini banyak digunakan orang-oarang bertukar informasi.media ini merupakan media terluas dan boleh dibilang terlengkap informasi apapun yang kita inginkan tersedia disini.
Kita sebagai pemanfaat media IT yang baik tentunya merasakan dampaknya. Taukah kita jika di IT tentunya kita juga punya hak loh? Hak-hak seperti halnya hak kita di luar dunia maya, akan tetapi hak kita di IT tu sering kali dengan sengaja atau
tidak keluar dari batasnya.
Tidak jarang kita menemu berbagai iklan yang berbau negative. Inilah pengujian hak yang kita miliki. Memang kita berhak apasaja di dunia maya tetapi kita harus juga dapat mengimbangi besar manfaat yang kita dapatkan dari setiap hak yang kita gunakan.
Banyak yang beranggapan jika hak kita yang kita anggap benar belum tentu benar manfaatnya, misalnya saja kita melihat/mengunduh/menyimpan file yang berbau porno merupakan hak kita apa urusan mereka toh di internet tu bukan suatu hal yang tidak lazim lagi bahkan tersedia dengan gratis. Hak yang kita anggap itu biasa-biasa saja dan tidak salah ternyata banyak efek negatifnya. Bias saja hak kita pakai itu dapat menjerumuskan kita kedalam hal yang negative bahkan merugikan loo, sebab hal yang negative itu mudah dan cepat merasuki kita.
Hak kita yang harusnya free dari kekangan apapun itu emang harus diperjuangkan. Tidak salah jika tuntutan memerjuangkan hak kita di IT itu merupakan tuntutan yang dapat dipertanggungjawabkan oleh pemiliknya, tetapi apabila tuntutan untuk memerjuangkan hak tidah diimbangi dengan penggunaan hak yang bertanggung jawab tidak salah dong kalau hak kita wajib di atur.
Jadi singkatnya kita memang punya hak di IT dan tentunya kita yang punya hak harus dapat memertanggungjawabkan hak yang kita pakai.

Comments

  1. Assalamualaikum Yulianti,,
    Kenal saya kan???
    Saya Muklas Anak SMK N 8 juga,, kelas XII RPL 1,,
    umm aku mau komentarin nih,, maaf kalo sebelumnya komen saya nanti agak kurang berkenan,, cuma pendapat aja,, emang sih kita punya hak di IT,, tepatnya di dunia maya,, kita mau upload konten apa aja itu hak kita karena kita pengguna, kita yg menentukan mau kita kasih apa, tapi pernah dengar gak kamu tentang istilah Etika Dunia Maya,??? jadi kita Surfing, Browsing, Chatting, Uploading, Downloading ada tata kramanya juga lho kayak kita di dunia maya, kayaknya sih di sekolah udah diajarin tentang Etika Dunia Maya. Penggunaan Internet dalam aktifitas apapun ada batasannya juga, jadi otomatis kita harus menghargai peraturan ada yang ada kita sebut saja,, "Respect The Rules". jadi seperti itu sih kalo menurut aku,, semua ini sih menurut aku gak ada hubungannya sama tuntutan pekerjaan atau masalah apapun dlm hidup kita, itu semua kembali ke cara berfikir dan berperilaku kita, sekian dari aku itu aja, Add my Fb ya "Muklas Adhiyatma Saputra".. thanks

    ReplyDelete
  2. wah sadaaa..mantap kalie... di artikel yang lain juga ada kok yang membahas tentang etika dalam menggunakan hak kita secara baik.silahkan baca aja..makasih ya komentarnya..Siiipp....Good banget...

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Yulianti,,
    Kenal saya kan???
    Saya Muklas Anak SMK N 8 juga,, kelas XII RPL 1,,
    eh salah copy pas te..hehehe
    umh mau kasih komentar boleh ya,,,
    menurut ariEph, sepertinya yang dimaksud dengan Hak dibidang IT itu berhubungan dengan misalnya kalau dibidang internet hak mendapatkan space dan fasilitas di tempat hosting web karena kita sudah membayar biaya host, trus kayak mendapatkan lisensi karena kita sebagai pihak yang pertama, atau sering kita sebut dengan hak cipta. tapi artikel kamu cukup bagus juga. i like it.

    ReplyDelete
  4. hehehehe... kalo posting tentang software dengan crack or serial itu termasuk merugikan atau hak IT kita sob?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar yang di tinggalkan :-)

Tentang Penulis :
Yulianti (ulie) lahir di kota kecil di Kabupaten Blora Jawa Tengah pada 24 Maret 1993. Hobby ikutan lomba dan sayang sama keluarga.

Popular posts from this blog

OSHIN (REFLEXOLOGY & BODY SPA)

Spesial kebaikan dari Marina UV White Extra SPF15 untuk kulit cantikku

Materi Lighting lengkap